Senin, 19 Januari 2015

STAI BUNGA BANGSA CIREBON

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON
TAHUN AKADEMIK 2014/2015



Mata Kuliah                : Ilmu Kalam
Bobot                          : 2 sks
Jurusan                        : Tarbiyah
Semester/Prodi            : 2 (dua) / PAI
Waktu                         : 100 menit
Dosen Pengampu        : Muhammad Idrus, M.Ag
HP                               : 081313003900


KOMPETENSI MATA KULIAH

Mahasiswa mengenali dan memahami pemikiran kalam yang dikonstruk oleh para teolog dan dapat memahami hakekat keimanan, juga dapat merefleksikannya dalam pola pikir dan pola laku.

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini disajikan untuk memberikan sejumlah wawasan keilmuan dan pemahaman tentang berbagai persoalan dalam pemikiran Kalam guna membekali mahasiswa untuk menjadi Sarjana Agama yang mampu mengenali dan memahami metodologi pemikiran Kalam.
Diawali dengan pembahasan hakekat sejarah timbulnya ilmu kalam dan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lain. Kemudian dilanjutkan dengan analisis beberapa ayat al-Qur’an dan al-Hadits yang dijadikan sumber acuan dalam hakekat keimanan.
Selanjutnya adalah pembahasan pemikiran kalam yang ditelurkan oleh aliran-aliran dalam ilmu kalam sehingga dapat dilakukan kritik dan mencari titik perbedaan dan persamaan pemikiran kalam aliran Khawarij, Murji’ah, Jabariah, Qadariah, Mu’tazilah, Syi’ah, dan Ahlussunnah setelah mengetahui sejarah timbulnya. Tema-tema yang diangkat adalah sekitar diskursus yang terjadi di kalangan mutakallimin seperti tentang pelaku dosa besar, iman dan kufur, perbuatan Tuhan dan perbuatan manusia, kehendak mutlak dan keadilan Tuhan, serta sifat-sifat Tuhan.
Setelah menganalisi pemikiran kalam klasik maka guna menghadapi konteks kekinian, pemikiran ulama modern dan masa kini menjadi pembahasan yang sangat urgen. Dengan mengambil pemikiran beberapa tokoh seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan, Hasan Hanafi, Al-Faruqi, M Rasyidi, Harun Nasution, dan Nurkholis Majid, mahasiswa diarahkan untuk menganalisis faham teologi mereka sehingga mampu menjadi seorang muslim yang berkepribadian Islami dan berkeimanan kuat. Hal tersebut berdasar pada konsep teologi yang dibangun oleh para mutakallimin baik pada masa lalu atau pada masa kini, sehingga mata kuliah Ilmu Kalam menjadi pembelajaran sikap hidup sehari-hari.

MATERI / TOPIK INTI

1.        Kontrak belajar dan penyampaian materi
2.        Dasar-dasar Qur’ani dan Sejarah timbulnya Ilmu Kalam
3.        Kerangka berfikir aliran Ilmu Kalam
4.        Hubungan Ilmu Kalam, Falsafat dan Tasawuf
5.        Pemikiran Kalam Al-Khawarij dan Al-Murji’ah
6.        Pemikiran Kalam Al-Jabariyah dan Al-Qadariyah
7.        Ujian Tengah Semester (UTS)
8.        Pemikiran Kalam Al-Mu’tazilah
9.        Pemikiran Kalam Ahl al-Sunah Salaf (Ibn Hanbal dan Ibn Taimiyah)
10.    Pemikiran Kalam Ahl al-Sunah Khalaf (Asy’ari dan Maturidi).
11.    Perbandingan Pemikiran Kalam (Pelaku dosa besar, Iman dan Kufur, perbuatan Tuhan dan manusia, kehendak Mutlak dan Keadilan Tuhan, Sifat-sifat Tuhan)
12.    Pemikiran kalam Modern : Abduh, Ahmad Khan dan Iqbal.
13.    Pemikiran Kalam masa kini : Hasan hanafi dan Al-Faruqi.
14.    Pemikiran kalam di Indonesia : HM Rasyidi Harun Nasution, Nurkholis Majid.
15. Pertemuan Tambahan
16.    Ujian Akhir Semester (UAS) diatur oleh Jurusan / Akademik

BUKU SUMBER / REFERENSI

1.   Al-Asy’ari, Abu Hasan ‘Ali Ismail, Maqalat al-Islamiyyin wa Ikhtilaf al-Mushallin, Kairo : Maktabah Nahdhah al-Mishriyyah, cetakan I, 1950.
2.     Al-Badawî, ’Abd al-Rahmân. 1971. Madzâhib al-Islâmîyîn Juz I. Beirût: Dâr al-’Ilm lî al-Malâyîn
3.        Al-Baghdadi, Abd Qahir ibn Thahir ibn Muhammad, Al-Farq bain al-Firaq, Mesir: Muhammad Ali Shubih, t.t.
4.        Al-Bazdawi, Kitab Ushul al-Din. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
5.    Al-Faruqi, Ismail Raji, Tawhid: Its Implications for Thought and Life. Wyncote Pensylvania USA: The International Institute of Islamic Thoughts, 1982.
6.   Al-Ghurabi, Ali Musthofa, Tarikh al-Firaq al Islamiyyah wa nasy’at ilm al-Kalam’ind al-Muslimin, Mesir: Muhammad Ali Shubih, 1957.
7.        Al-Syahrastani, Abu Bakar Ahmad, Al-Milal wa al-Nihal. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
8.        Abd. Al-Halim Mahmud, Al-Tauhid al-Khalish. Mesir: Muhammad Ali Shubih, t.t.
9.        Harun Nasution, Teologi Islam: Aliran-Aliran Sejarah, Analisa Perbandingan, Jakarta: UI Press, 1986.
10.     ——————— Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya jilid 1 dan 2. Jakarta : UI Press, 1986.
11.     ———————- Islam Rasional. Bandung: Penerbit Mizan, 1998.
12.    Mahmud Subhi, Ahmad, Fi ‘Ilm al-Kalam: Dirasah Falsafiyyah al-Mu’tazilah, al-‘Asya’ariyyah, al-Syi’ah, Iskandariyyah : Dar al-Kutub al-Jami’iyyah, 1969.
13.    ————-, al-Mu’tazilah. Iskandarîyah: Mu’assasat al-Saqâfat al-Islâmîyah, 1982.
14. Muhammad Ahmad Abu Zahrah, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyah, Kairo: Makatabah al-Namudzajiyyah, t.t.
15. Muhammad ibn Abd al-Wahhab, Kitab al-Tawhid: al-ladzi Huwa Haqq Allah ‘ala al-‘Abid. Beirut: al-Maktab al-islamiy, 1391 H.
16. Musa, Jalal Muhammad, Nasy’at al-Asy’ariyyah wa Tathawuruha, Beirut: Dar al-Kutub al-Lubnani, 1975.
17.    Rasyidi, HM, Islam dan Kebatinan. Jakarta: PT Bulan Bintang, 1992.
18.    Rosihon Anwar dan Abdul Rozak, Ilmu Kalam. Bandung : Pustaka Setia, 2001.
19.    TM Abdul Mu’in. Ilmu Kalam. Jakarta : Penerbit Mutiara, 1979.


STRATEGI

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, Mata Kuliah ini akan disampaikan dengan sejumlah strategi, yaitu: Lecturing, Small and Big Discussion, debating, Power Of Two, Listening Team, dan Question Students Have. Sejumlah strategi ini akan digunakan dengan sinergis untuk memperkuat pencapaian tujuan pembelajaran.

EVALUASI PROSES DAN SISTEM PENILAIAN

1.    Sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa harus mengikuti perkuliahan di kelas Minimal 75 %                     : nilai 30%
2.    Keaktifan kelas dan Tugas terstruktur/mandiri      : nilai 20%
3.    Ujian Tengah Semester                                          : nilai 20%
4.    Ujian Akhir Semester                                             : nilai 30%

     a.     Absensi 75%                           =  x 3
     b.    Tugas Mandiri/Kelompok       =  x 2
     c.     UTS                                         =  x 2
     d.    UAS                                         =  x 3
                                                                 Nilai =  a + b + c + d  x 100%
                                                                                         10    




Cirebon, Januari 2015
                Mengetahui :
Ketua STAI Bunga Bangsa Cirebon,                                               Dosen Pengampu,




    H. Oman Fathurohman, MA                                             Muhammad Idrus, M.Ag


Tidak ada komentar:

Posting Komentar