SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA
CIREBON
TAHUN AKADEMIK 2014/2015
Mata Kuliah : Ilmu Kalam
Bobot : 2 sks
Jurusan :
Tarbiyah
Semester/Prodi : 2 (dua) / PAI
Semester/Prodi : 2 (dua) / PAI
Waktu :
100 menit
Dosen Pengampu :
Muhammad Idrus, M.Ag
HP : 081313003900
HP : 081313003900
KOMPETENSI MATA KULIAH
Mahasiswa mengenali dan memahami pemikiran kalam yang
dikonstruk oleh para teolog dan dapat memahami hakekat keimanan, juga dapat
merefleksikannya dalam pola pikir dan pola laku.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini disajikan untuk
memberikan sejumlah wawasan keilmuan dan pemahaman tentang berbagai persoalan
dalam pemikiran Kalam guna membekali mahasiswa untuk menjadi Sarjana Agama yang
mampu mengenali dan memahami metodologi pemikiran Kalam.
Diawali dengan pembahasan hakekat
sejarah timbulnya ilmu kalam dan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lain. Kemudian
dilanjutkan dengan analisis beberapa ayat al-Qur’an dan al-Hadits yang
dijadikan sumber acuan dalam hakekat keimanan.
Selanjutnya adalah pembahasan pemikiran kalam yang
ditelurkan oleh aliran-aliran dalam ilmu kalam sehingga dapat dilakukan kritik
dan mencari titik perbedaan dan persamaan pemikiran kalam aliran Khawarij,
Murji’ah, Jabariah, Qadariah, Mu’tazilah, Syi’ah, dan Ahlussunnah setelah
mengetahui sejarah timbulnya. Tema-tema yang diangkat adalah sekitar diskursus
yang terjadi di kalangan mutakallimin seperti tentang pelaku dosa besar, iman
dan kufur, perbuatan Tuhan dan perbuatan manusia, kehendak mutlak dan keadilan
Tuhan, serta sifat-sifat Tuhan.
Setelah menganalisi pemikiran kalam
klasik maka guna menghadapi konteks kekinian, pemikiran ulama modern dan masa
kini menjadi pembahasan yang sangat urgen. Dengan mengambil pemikiran beberapa
tokoh seperti Muhammad Abduh, Ahmad Khan, Hasan Hanafi, Al-Faruqi, M Rasyidi,
Harun Nasution, dan Nurkholis Majid, mahasiswa diarahkan untuk menganalisis
faham teologi mereka sehingga mampu menjadi seorang muslim yang berkepribadian
Islami dan berkeimanan kuat. Hal tersebut berdasar pada konsep teologi yang
dibangun oleh para mutakallimin baik pada masa lalu atau pada masa kini,
sehingga mata kuliah Ilmu Kalam menjadi pembelajaran sikap hidup sehari-hari.
MATERI / TOPIK INTI
1.
Kontrak
belajar dan penyampaian materi
2.
Dasar-dasar
Qur’ani dan Sejarah timbulnya Ilmu Kalam
3.
Kerangka
berfikir aliran Ilmu Kalam
4.
Hubungan
Ilmu Kalam, Falsafat dan Tasawuf
5.
Pemikiran
Kalam Al-Khawarij dan Al-Murji’ah
6.
Pemikiran
Kalam Al-Jabariyah dan Al-Qadariyah
7.
Ujian Tengah Semester (UTS)
8.
Pemikiran
Kalam Al-Mu’tazilah
9.
Pemikiran
Kalam Ahl al-Sunah Salaf (Ibn Hanbal dan Ibn Taimiyah)
10. Pemikiran Kalam Ahl al-Sunah Khalaf
(Asy’ari dan Maturidi).
11. Perbandingan Pemikiran Kalam (Pelaku
dosa besar, Iman dan Kufur, perbuatan Tuhan dan manusia, kehendak Mutlak dan
Keadilan Tuhan, Sifat-sifat Tuhan)
12. Pemikiran kalam Modern : Abduh, Ahmad
Khan dan Iqbal.
13. Pemikiran Kalam masa kini : Hasan hanafi
dan Al-Faruqi.
14. Pemikiran kalam di Indonesia : HM
Rasyidi Harun Nasution, Nurkholis Majid.
15. Pertemuan Tambahan
16. Ujian Akhir Semester (UAS) diatur oleh Jurusan / Akademik
BUKU SUMBER / REFERENSI
1. Al-Asy’ari,
Abu Hasan ‘Ali Ismail, Maqalat al-Islamiyyin wa Ikhtilaf al-Mushallin, Kairo :
Maktabah Nahdhah al-Mishriyyah, cetakan I, 1950.
2. Al-Badawî,
’Abd al-Rahmân. 1971. Madzâhib al-Islâmîyîn Juz I. Beirût: Dâr al-’Ilm lî
al-Malâyîn
3.
Al-Baghdadi,
Abd Qahir ibn Thahir ibn Muhammad, Al-Farq bain al-Firaq, Mesir: Muhammad Ali
Shubih, t.t.
4.
Al-Bazdawi,
Kitab Ushul al-Din. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
5. Al-Faruqi,
Ismail Raji, Tawhid: Its Implications for Thought and Life. Wyncote Pensylvania
USA: The International Institute of Islamic Thoughts, 1982.
6. Al-Ghurabi,
Ali Musthofa, Tarikh al-Firaq al Islamiyyah wa nasy’at ilm al-Kalam’ind
al-Muslimin, Mesir: Muhammad Ali Shubih, 1957.
7.
Al-Syahrastani,
Abu Bakar Ahmad, Al-Milal wa al-Nihal. Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
8.
Abd.
Al-Halim Mahmud, Al-Tauhid al-Khalish. Mesir: Muhammad Ali Shubih, t.t.
9.
Harun
Nasution, Teologi Islam: Aliran-Aliran Sejarah, Analisa Perbandingan, Jakarta:
UI Press, 1986.
10.
——————— Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya
jilid 1 dan 2. Jakarta : UI Press, 1986.
11.
———————- Islam Rasional. Bandung: Penerbit
Mizan, 1998.
12.
Mahmud
Subhi, Ahmad, Fi ‘Ilm al-Kalam: Dirasah Falsafiyyah al-Mu’tazilah,
al-‘Asya’ariyyah, al-Syi’ah, Iskandariyyah : Dar al-Kutub al-Jami’iyyah, 1969.
13.
————-,
al-Mu’tazilah. Iskandarîyah: Mu’assasat al-Saqâfat al-Islâmîyah, 1982.
14. Muhammad
Ahmad Abu Zahrah, Tarikh al-Madzahib al-Islamiyah, Kairo: Makatabah
al-Namudzajiyyah, t.t.
15. Muhammad
ibn Abd al-Wahhab, Kitab al-Tawhid: al-ladzi Huwa Haqq Allah ‘ala al-‘Abid.
Beirut: al-Maktab al-islamiy, 1391 H.
16. Musa,
Jalal Muhammad, Nasy’at al-Asy’ariyyah wa Tathawuruha, Beirut: Dar al-Kutub
al-Lubnani, 1975.
17.
Rasyidi,
HM, Islam dan Kebatinan. Jakarta: PT Bulan Bintang, 1992.
18.
Rosihon
Anwar dan Abdul Rozak, Ilmu Kalam. Bandung : Pustaka Setia, 2001.
19.
TM
Abdul Mu’in. Ilmu Kalam. Jakarta : Penerbit Mutiara, 1979.
STRATEGI
Untuk mencapai tujuan pembelajaran,
Mata Kuliah ini akan disampaikan dengan sejumlah strategi, yaitu: Lecturing,
Small and Big Discussion, debating, Power Of Two, Listening Team, dan Question
Students Have. Sejumlah strategi ini akan digunakan dengan sinergis untuk
memperkuat pencapaian tujuan pembelajaran.
EVALUASI PROSES DAN SISTEM PENILAIAN
1. Sebagai syarat untuk mengikuti Ujian
Akhir Semester (UAS) mahasiswa harus mengikuti perkuliahan di kelas Minimal 75
% : nilai 30%
2. Keaktifan kelas dan Tugas
terstruktur/mandiri : nilai 20%
3. Ujian Tengah Semester : nilai
20%
4. Ujian Akhir Semester : nilai
30%
a.
Absensi 75% = x 3
b.
Tugas Mandiri/Kelompok =
x 2
c.
UTS = x 2
d.
UAS = x 3
Nilai
= a + b + c + d x 100%
10
Cirebon, Januari 2015
Mengetahui :
Ketua
STAI Bunga Bangsa Cirebon, Dosen Pengampu,
H. Oman Fathurohman, MA Muhammad Idrus, M.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar